Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat - Ekonomi

Artikel ini akan menjelaskan tentang Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat
--

『 Pasar 』

Pasar adalah suatu mekanisme yang mempertemukan pembeli (konsumen) dengan penjual (produsen) sehingga keduanya dapat berinteraksi untuk membentuk suatu kesepakatan harga.

Sementara menurut ilmu ekonomi pasar adalah bertemunya permintaan dan penawaran untuk suatu barang/jasa yang diperjual-belikan. Hal ini berarti cakupan pengertian pasar lebih luas dibandingkan dengan pengertian pasar sehari-hari yang hanya menunjukkan suatu tempat.

Pertemuan permintaan dan penawaran tidak hanya dilakukan di pasar (tempat), tetapi juga di luar pasar, melalui alat-alat komunikasi, misalnya telepon, teleks dan surat. Barang-barang yang diperdagangkan pun tidak hanya sebatas barang-barang konsumsi, tetapi juga barang-barang produksi, seperti mesin, bahan mentah, tenaga kerja, dan jasa. Bahkan, pasar modal, pasar surat berharga (bursa), dan sejenisnya.

Fungsi Pasar

  1. Pembentukan nilai harga

    Pasar berfungsi untuk pembentukan harga (nilai) karena pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang kemudian saling menawar dan akhirnya membuat kesepakatan suatu harga. Harga atau nilai ini merupakan suatu hasil dari proses jual beli yang dilakukan di pasar.

  2. Pendistribusian

    Pasar mempermudah produsen untuk mendistribusikan barang dengan para konsumen secara langsung. Pendistribusian barang dari pr odusen kekonsumen akan berjalan lancar apabila pasar berfungsi dengan baik.

  3. Promosi

    Pasar merupakan tempat yang paling cocok bagi produsen untuk memperkenalkan (mempromosikan) produk-produknya kepada konsumen. Karena pasar akan selalu dikunjungi oleh banyak orang, meskipun tidak diundang.

Macam-macam Pasar Output

Pasar output adalah pasar yang memperjualbelikan produk (barang/jasa) sebagai hasil produksi perusahaan.

  1. Pasar Menurut Bentuk

    • Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition)

      Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen sangat banyak dan hampir tidak terbatas.

      Ciri-ciri pokok pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.

      • Terdapat banyak sekali penjual (perusahaan) dan pembeli
      • Produk-produk homogen (persis sama)
      • Bebas keluar masuk pasar
      • Penjual dan pembeli mengetahui kondisi pasar secara sempurna
      • Faktor-faktor produksi bergerak bebas
      • Tidak ada campur tangan pemerintah

      Kelebihan dan Kekurangan pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.

      KelebihanKekurangan
      Informasi mengenai harga pasar mudah didapatkan.Barang dan jasa kurang bervariasi.
      Persaingan murni karena barang yang diperjualbelikan homogen.Motivasi untuk melakukan inovasi kurang karena barang yang diperjual belikan homogen.
      Kemudahan untuk menentukan jenis barang yang akan dijual.Pembeli tidak memiliki banyak pilihan.
      Harga lebih stabil.Industri/pasar yang mendekati persaingan sempurna sangat sedikit.
      Barang diproduksi dengan biaya seminimal mungkin.

    • Pasar Persaingan Tidak Sempurna

      Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding atau tidak seimbang. Kemungkinan yang terjadi adalah pasar dikuasai oleh satu penjual atau beberapa penjual, sedangkan pembelinya juga satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar. Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna adalah sebagai berikut.

      • Pasar Monopoli

        Pasar monopoli merupakan pasar yang hanya ada satu penjual yang menguasai penjualan barang dan jasa, serta tidak ada barang penggantinya. Contoh: PLN, PDAM.

        Ciri-ciri Pasar monopoli.

        • Terdapat hanya satu penjual.
        • Terdapat hambatan memasuki pasar.
        • Informasi kurang lengkap.
        • Barang unik (tidak ada substitusi sempurna).
        • Harga ditentukan produsen (price maker).


        KelebihanKekurangan
        Kemudahan melakukan pengawasan karena hanya ada satu penjual.Eksploitasi terhadap sumber daya alam dan konsumen.
        Keuntungan terpusat pada satu penjual atau perusahaan.Konsumen tidak punya pilihan.
        Motivasi inovasi sangat tinggi.Biaya produksi yang tidak efisien.
        Banyak industri berkembang yang bersifat monopoli.Tidak adil karena hanya satu perusahaan yang diuntungkan.
        Perusahaan monopoli akan semakin besar.Konsumen merasa berat karena harus membeli barang dengan harga yang sangat tinggi.

      • Pasar Oligopoli

        Pasar oligopoli merupakan pasar yang terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar. Contoh: industri motor, industri mobil.

        Ciri-ciri Pasar oligopoli.

        • Terdapat beberapa penjual.
        • Terdapat hambatan memasuki pasar.
        • Informasi kurang lengkap.
        • Barang terdiferensiasi.
        • Antarprodusen saling kerja sama.
        • Masing-masing dapat menentukan harga barang.
        • Penggunaan iklan sangat sensitif.
        • Kurva pasar oligopoli adalah kurva patah.


        KelebihanKekurangan
        Konsumen memiliki beberapa pilihan produk.Pendapatan tidak merata.
        Biaya produksi lebih efisien.Eksploitasi pembeli dan SDA.
        Mengutamakan kepuasan konsumen.Ada perusahaan yang dirugikan.
        Mengombinasi teknologi dengan inovasi produk.TMenimbulkan persaingan yang kurang sehat.
        Selalu melakukan penelitian dan pengembangan produk.Kegiatan produksi kurang efisien.

      • Pasar Monopolistik

        Pasar monopolistik merupakan pasar yang terdiri dari banyak penjual namun terdapat diferensiasi produk (baik merek, varian rasa, pembungkus) yang dihasilkan oleh masing-masing penjual atau produsen. Kurva permintaan memiliki kemiringannya negatif. Contoh: buku, pena.

        Ciri-ciri Pasar monopolistik.

        • Terdiri dari banyak penjual.
        • Barang heterogen.
        • Promosi melalui iklan.
        • Penjual baru mudah keluar masuk pasar.
        • Diferensiasi produk.
        • Persaingan yang ketat dalam kualitas barang.
        • Penjual dapat memberikan pengaruh terhadap harga.


        KelebihanKekurangan
        Alternatif pilihan produk yang dapat dipilih konsumen lebih banyak.Memicu timbulnya persaingan yang tidak sehat.
        Kemudahan untuk keluar masuk pasar meningkatkan kreativitas.Memungkinkan kenaikan harga karena inovasi.
        Masing-masing penjual mendapat keuntungan berdasarkan pelanggan yang loyal membeli produknya.Produksi tidak efisien yang disebabkan produsen berproduksi dengan biaya rata-rata.
        Produsen dapat menentukan harga. Terlalu banyak perusahaan kecil.
        Konsumen membeli dengan harga lebih tinggi.

      • Pasar Monopsoni

        Pasar monopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh suatu orang/badan/lembaga pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual/produsen.

      • Pasar Oligopsoni

        Pasar oligopsoni adalah suatu bentu pasar yang dikuasai oleh lebih dari dua orang pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual/produsen.


  2. Pasar Menurut Waktu

    • Pasar harian

      Pasar harian adalah tempat pasar di mana pertemuan antara pembeli dan penjual yang dapat dilakukan setiap hari. Pada pasar ini biasanya yang diperdagangkan barang-barang kebutuhan konsumsi, kebutuhan produksi, kebutuhan bahan-bahan mentah, dan kebutuhan jasa.

    • Pasar mingguan

      Pasar mingguan adalah pasar dengan proses jual beli dilakukan setiap seminggu sekali. Biasanya pasar seperti ini ter dapat di daerah yang masih jarang penduduk, seperti di pedesaan.

    • Pasar bulanan

      Pasar bulanan adalah pasar yang diselenggarakan sebulan sekali, terdapat di daerah tertentu. Biasanya pembeli di pasar ini membeli barang tertentu yang kemudian akan dijual kembali, seperti pasar hewan.

    • Pasar tahunan

      Pasar tahunan adalah pasar yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Biasanya bersifat nasional dan diperuntukkan bagi promosi terhadap suatu produk/barang baru. Misalnya, Pekan Raya Jakarta, Pameran Pembangunan, Pasar malam menjelang Hari Raya Idulfitri, dan lain-lain.

  3. Pasar Menurut Jenis

    • Pasar konkret

      Pasar konkret adalah suatu pasar tempat pembeli dan penjual bertemu secara langsung untuk mengadakan transaksi jual beli barang atau jasa.

    • Pasar abstrak

      Dalam pasar abstrak penjual dan pembeli dapat bertemu secara langsung atau tidak langsung, dan barang yang ditawarkannya pun hanya berupa contoh. Transaksi jual beli dapat dilakukan melalui alat komunikasi seperti, telepon, teleks, dan surat. Contoh dari pasar abstrak, di antaranya, pasar (bursa) surat berharga, saham, bursa valuta asing, pasar uang, dan pasar modal.

  4. Pasar Menurut Wilayah Pemasarannya

    • Pasar lokal

      Pasar lokal adalah pasar yang menjual barang-barang untuk kebutuhan masyarakat sekitar. Misalnya, pasar sayuran, pasar bunga, dan pasar ikan.

    • Pasar daerah

      Pasar daerah adalah pasar yang menjual hasil produksi pada daerah tertentu. Biasanya dalam pasar ini berkumpul para pedagang menengah yang melayani pedagang-pedagang kecil atau eceran. Misalnya, pasar sepatu di Cibaduyut.

    • Pasar nasional

      Pasar nasional adalah pasar yang memperdagangkan barang-barang yang konsumennya meliputi seluruh wilayah negara. Misalnya, pasar modal, bursa efek, dan bursa tenaga kerja.

    • Pasar internasional

      Pasar internasional adalah pasar yang yang memperdagangkan barang-barang yang konsumennya meliputi dunia internasional. Misalnya, pasar internasional karet di Singapura, pasar wol di Sidney, pasar kopi di Santos (Brazil), dan pasar gandum di Kanada.

Macam-macam Pasar Input (Pasar Faktor Produksi)

Dalam pasar faktor produksi yang bertindak sebagai penjual adalah pemilik faktor produksi atau biasanya dalam kegiatan ekonomi disebut rumah tangga, sedangkan pembelinya adalah perusahaan. Jadi, yang diperjualbelikan di sini adalah input bagi perusahaan untuk melakukan produksi. Oleh karena itu, pasar faktor produksi disebut pasar input. Faktor produksi terdiri dari:

  1. Pasar Tanah

    Semua perusahaan membutuhkan tanah minimal untuk kedudukan perusahaan tersebut. Sejalan dengan perkembangan dunia produksi dan jumlah penduduk, kebutuhan tanah semakin lama semakin meningkat, sedangkan penawaran tanah cenderung bersifat tetap. Oleh karena itu, kurva penawaran tanah akan berbentuk garis lurus vertikal (inelastis sempurna).

    Selain faktor permintaan dan penawaran, tinggi rendahnya harga tanah juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti berikut.

    • Tingkat kesuburan tanah

      Semakin subur tanah tersebut semakin tinggi harganya, begitu pula sebaliknya.

    • Letak atau tempat kedudukan tanah

      Letak tanah yang strategis baik untuk produksi maupun permukiman cender ung memiliki harga yang lebih tinggi, juga sebaliknya. Ini disebabkan tanah yang letaknya strategis cenderung memberikan harapan untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

    • Status kepemilikan tanah berdasarkan sertifikasi

      Ada dua kemungkinan status kepemilikian tanah, yaitu hak milik atau hak guna bangun. Tanah yang berstatus hak milik cenderung memiliki harga lebih tinggi dibandingkan tanah berstatus hak guna bangun.


  2. Pasar Tenaga Kerja

    Seperti pasar lainnya, pasar tenaga kerja merupakan tempat bertemunya permintaan dan penawaran tenaga kerja. Permintaan tenaga kerja datang dari perusahaan yang memiliki lowongan kerja atau dari lapangan kerja, sedangkan penawaran tenaga kerja datang dari angkatan kerja.

  3. Pasar Modal

    Manfaat pasar modal adalah sebagai berikut.

    • Mempermudah pengusaha yang kekurangan modal untuk mendapatkan modal yang sehat dan tidak mengikat.
    • Memperlancar perluasan produksi yang dilakukan oleh perusahaan.
    • Membantu perusahaan atau masyarakat yang kelebihan dana untuk memanfaatkannya dalam kegiatan yang produktif sehingga tidak terjadi pengangguran dana (idle mone).
    • Membantu pemerintah dalam menghimpun dan mengerahkan dana masyarakat untuk membiayai pembangunan nasional.

Demikian penjelasan mengenai Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat yang ada di artikel ini. Kalau kamu ingin lebih tahu tentang Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat, kamu bisa coba kuis hanya di Akui.